Olahraga

tentang-cystitis-header

Olahraga dan infeksi saluran kemih (cystitis)

Ketika menderita infeksi saluran kemih/cystitis, segalanya tentu menjadi sulit: hubungan intim, hubungan sosial, karier, bahkan olahraga. Infeksi saluran kemih/cystitis mungkin nampak seakan tidak dapat ditanggulangi pada awalnya, namun sesungguhnya ia dapat diatasi dengan cepat dan mudah. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melewati fase yang serba tidak nyaman ini, salah satunya justru dengan berolahrga.

Carilah pengobatan

Apabila Anda rentan mengalami infeksi saluran kemih/cystitis, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk menguji ada atau tidaknya infeksi saluran kemih/cystitis pada tubuh Anda melalui analisis sampel urine. Jika hasilnya positif, dokter dapat meresepkan pengobatan yang efektif, misalnya antibiotik. Anda mungkin akan diminta memberi sampel urine kembali pasca pengobatan, guna memastikan bahwa infeksi telah sirna. Bila Anda rutin berolahraga, sebaiknya Anda menguranginya terlebih dahulu untuk sementara waktu, sampai fase puncak infeksi berlalu. Anda pun mesti beraktivitas sesuai apa yang Anda rasakan. Dengan sedikit mengandalkan nalar, segalanya akan menjadi lebih mudah dan alami.

Adakah olahraga yang menyebabkan infeksi saluran kemih/cystitis?

Pada umumnya, olahraga apapun tidak akan menjadi masalah ketika terjadi infeksi saluran kemih/cystitis. Namun, bila Anda mengalami infeksi saluran kemih/cystitis berulang, hindari berolahraga secara intensif, melakukan olahraga yang dapat menyebabkan trauma pada saluran kemih (seperti bersepeda, bermotor dan berkuda), atau olahraga yang duduk terus-menerus. Sementara itu, olahraga santai seperti jalan kaki, berenang, berlari, atau senam bebas masih boleh untuk dilakukan, asal tidak mengenakan pakaian yang ketat.