Produk Alami (suplemen makanan)

tentang-cystitis-header

Setelah positif mengidap infeksi saluran kemih yakni cystitis, dokter akan meresepkan pengobatan yang tepat bagi Anda, baik dengan atau tanpa antibiotik oral. Dokter juga dapat menyarankan solusi alami dalam bentuk obat herbal atau produk lainnya, tergantung pada pendekatan medis yang digunakannya. Mari kita lihat sebagian dari solusi herbal tersebut.

Pengobatan alami terhadap cystitis

Sebetulnya, ada banyak alternatif alami untuk meredakan gejala infeksi saluran kemih atau cystitis, di antaranya yang paling terkenal adalah sari buah crowberry dan cranberry. Ada pula tanaman-tanaman lainnya seperti buchu, lobak pedas, arbutus, kayu cendana, echinacea, akar burdock, dan selada air. Walau demikian, efektivitas sejumlah tumbuhan tersebut belum cukup terbukti untuk menyembuhkan cystitis.

Cegah cystitis di kemudian hari

Setelah infeksi saluran kemih Anda berhasil disembuhkan, tujuan pengobatan selanjutnya yakni mencegahnya kambuh kembali. Dalam menghilangkan faktor risiko infeksi, Anda bisa mengonsumsi suplemen makanan tertentu.

Ekstrak herbal seperti di atas seringkali dihubungkan dengan efek diuretik. Faktanya, meminum banyak air memang disarankan guna membantu membersihkan saluran kemih dan melarutkan bakteri pada kandung kemih. Sejumlah tumbuhan dengan efek diuretik di antaranya adalah asparagus (rimpang dan akar), birch (daun), horsetail (ujung), quackgrass (rimpang), jelatang (bunga dan akar), serta peterseli (ujung dan akar). Seluruh tumbuhan tersebut umumnya dikonsumsi sebagai campuran teh atau jus.

Di samping itu, mengingat cystitis terkadang merupakan dampak bawaan dari gangguan atau penyakit lain, mengonsumsi lebih dari satu produk juga dapat membantu, seperti probiotik, suplemen penambah serat (untuk kesehatan usus), suplemen vitamin, dan mineral. Konsumsi suplemen ini mesti dimaknai sebagai bagian dari gaya hidup sehat dengan pola makan yang kaya buah dan sayur, serta rendah lemak. Dengan begitu, ia mesti diiringi dengan aktivitas fisik yang seimbang.