Anak-anak

Mädchen hat Bauchschmerzen

Apa  penyebab infeksi saluran kemih pada anak-anak?

Anak-anak sama rentannya seperti orang dewasa terhadap infeksi. Seperti orang dewasa, infeksi saluran kemih (ISK) pada anak-anak dipicu oleh bakteri dari sistem pencernaan yang masuk ke uretra. Terlebih pada anak perempuan, karena saluran pembuangannya (dubur) lebih dekat ke uretra  dibandingkan pada laki-laki. Penyebabnya macam-macam, di antaranya kebiasaan mengelap organ reproduksi dari arah belakang ke depan, serta ketika tisu bekas mengelap saluran pembuangan terpapar di organ reproduksi.

Belum diketahui pasti mengapa sebagian anak-anak bisa terserang infeksi saluran kemih, dan tidak pada beberapa anak lainnya meski terkadang hal ini memang dapat timbul akibat masalah aliran urin di sistem kemih. Masalah demikian dapat memicu akumulasi urine, sehingga bakteri mudah tumbuh.

Infeksi saluran kemih umum terjadi pada anak-anak dengan kondisi:

  1. Konstipasi, karena memicu tekanan pada kandung kemih dan menghambat nya untuk terkuras sempurna
  2. Masalah pada katup di ureter. Alih-alih ke bawah, urin bisa mengalir naik dari kandung kemih.

 

Pada kasus lain, sebagian anak-anak menderita kerusakan neurologis yang memicu masalah saluran kemih, sedangkan sebagian lainnya lahir dengan masalah anatomis yang akhirnya memengaruhi fungsi kemih. Kelainan yang cukup parah umumnya ditemukan sejak awal, sedangkan kelainan ringan belum tentu ketahuan selama bertahun-tahun. Ada pula yang sama sekali tidak terdeteksi. Kebanyakan infeksi kemih pada anak-anak adalah persoalan fungsional, yakni ketika saluran kemih tidak bekerja secara normal meskipun organ-organnya terletak dengan tepat.

Infeksi saluran kemih relatif lazim pada masa kanak-kanak, terutama anak laki-laki hingga usia enam bulan. Namun selepas usia tersebut, infeksi justru lebih awam pada anak perempuan. Diperkirakan satu dari 10 anak perempuan, serta 1 dari 30 anak laki-laki   menderita infeksi saluran kemih pada saat berusia 16 tahun.

 

Mengapa Anda curiga buah hati Anda mengalami masalah di saluran kemih?

Mengenali gejala

Anak Anda mungkin mengeluhkan nyeri ketika pipis, atau juga mual, muntah, dan nyeri di bagian tubuh lain. Nyeri pada perut, misalnya, merupakan tanda bahwa ada yang tak beres pada tubuhnya. Bagi anak-anak dengan disfungsi kemih, gejala yang muncul bisa bervariasi. Segera bawa anak Anda ke dokter bilamana gejala serupa muncul.

Bagaimana mengobati infeksi saluran kemih pada anak

Infeksi saluran kemih pada anak biasanya akan mereda dalam 24 hingga 48 jam pengobatan dengan antibiotik, tanpa menyebabkan masalah pada jangka panjangnya. Dokter anak umumnya akan meresepkan tablet antibiotik untuk dikonsumsi di rumah. Infeksi saluran kemih (Cystitis) bahkan juga bisa disembuhkan dengan dosis tunggal antibiotik saja. Namun sebaliknya, sebagai langkah pencegahan, bayi di bawah usia tiga bulan dan anak-anak dengan gejala lebih parah mesti rawat inap di rumah sakit selama beberapa hari, dan diberikan antibiotik melalui suntikan intravena.

Dapatkah infeksi saluran kemih dicegah?

Jika Anda adalah seorang ibu, berikut cara yang bisa Anda tempuh guna melindungi buah hati dari serangan infeksi saluran kemih:

  1. Manjakan si kecil dengan ASI eksklusif sejak lahir hingga usia enam bulan pertama. ASI eksklusif membantu meningkatkan sistem imun pada bayi dan mampu mengurangi resiko konstipasi;
  2. Beri contoh pada anak perempuan agar mengelap organ reproduksi dari arah depan ke belakang, serta pada anak laki-laki bersihkan organ reproduksi lelakinya secara rutin;
  3. Pastikan anak minum cukup air dan berkemih dengan seimbang setiap harinya;
  4. Sediakan pakaian dalam berbahan katun yang longgar bagi anak, daripada yang berbahan sintetis;
  5. Beri asupan serat yang cukup pada menu makanannya untuk mencegah konstipasi;
  6. Hindari menggunakan sabun dengan pewangi atau busa, karena bahan kimianya dapat meningkatkan resiko infeksi

 

Jangan ragu untuk mengingatkan putra-putri Anda terus-menerus bila mereka belum mampu menjaga kebersihan dengan tepat. Investasikan kebiasaan baik pada anak Anda, supaya mereka mampu menjaga dirinya sendiri di kemudian hari.

Sebagian kecil anak-anak berulang kali menderita  infeksi saluran kemih. Bila anak Anda pernah punya pengalaman  infeksi saluran kemih sebelumnya, penting bagi Anda dan anak untuk mewaspadai datangnya gejala terkait. Sampaikan pada dokter anak Anda sesegera mungkin jika gejala kembali muncul, agar diagnosis dapat dilakukan dan memulai pengobatan.

Atau, bila saluran kemih anak Anda bermasalah sehingga lebih mudah terinfeksi (misalnya, katup ureter yang bekerja tidak normal) dokter akan meresepkan antibiotik dosis rendah sebagai langkah jangka panjang untuk menghindari infeksi lebih jauh.