Penderita Penyakit Saluran Cerna

1431592972_Banner-About-Cystitis

Pola makan yang tepat akan membantu

Anda adalah apa yang Anda makan. Ini bukan sekadar peribahasa, mengingat pola makan berpengaruh besar pada kesehatan. Dari sisi urologi, pola makan memang jarang dianggap penting. Namun, dari sudut pandang penderita masalah kemih, pola makan akan membedakan antara hidup normal dengan hidup dengan rasa nyeri. Sejumlah jenis makanan dan minuman, seperti alkohol dan makanan asam, memang membuat gejala dan rasa nyeri semakin parah.

Kesehatan usus dan kandung kemih

Banyak penderita infeksi saluran kemih (ISK) juga mengalami gangguan usus, seperti sindrom iritasi usus  (Irritable Bowel Syndrome/IBS). Gangguan ini menyerang usus besar dan menyebabkan rasa kram, nyeri perut, kembung, gas, diare, serta konstipasi. Karena termasuk kronis, IBS mesti dikelola secara jangka panjang. Penelitian menyebutkan bahwa seseorang dengan cystitis beresiko mengidap gangguan kronis lainnya, termasuk IBS ini.

Usus merupakan bagian sentral dalam sistem imun. Luas permukaan saluran pencernaan manusia diperkirakan sama besarnya dengan lapangan bola. Dengan area seluas itu, sistem imun mesti bekerja keras untuk mencegah masuknya sumber penyakit ke dalam tubuh. Flora bakteri usus berperan penting melawan bakteri jahat. Bakteri di saluran cerna bersaing untuk tempat dan makanan karena keterbatasan sumber daya di saluran cerna.. Adanya 80-85 persen bakteri baik dan 15-20 persen bakteri jahat di usus masih bisa dianggap normal. Namun bila jumlah bakteri jahat lebih tinggi daripada kadar tersebut, masalah kesehatan bisa terjadi.

Apabila Anda mengalami infeksi saluran  kemih sekaligus penyakit usus, dokter akan memilihkan pengobatan antibiotik yang ramah bagi usus Anda.

 

Jaga kesehatan usus

Kondisi usus yang buruk bisa berefek buruk pula bagi pertahanan alami tubuh Anda, dan malah menjerumuskan Anda ke jurang infeksi, termasuk di seputar kemih dan kelamin. Temui dokter kapanpun Anda mengalami masalah di usus atau gangguan saluran kelamin dan kemih (cystitis). Hanya dokter yang mampu meramu pengobatan terbaik bagi keluhan Anda, sekaligus memberi nasehat pola makan yang sesuai untuk meningkatkan fungsi usus. Usus yang sehat akan turut menyehatkan kandung kemih Anda untuk jangka panjang.