Penyebab Infeksi Saluran Kemih

tentang-cystitis-header

Penyebab Cystitis

Terdapat dua jenis cystitis, yakni yang bersifat non infeksi dan infeksi. Cystitis bersifat non infeksi disebabkan karena adanya trauma, pengobatan, suhu dan faktor kimiawi sedangkan cysitis karena infeksi saluran kemih dikaitkan dengan perubahan mukosa oleh berbagai patogen. Pada umunya peradangan dimulasi sejak masiknya kuman patogen ke dalam kandung kemih dan lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria karena pendeknya urethra pada wanita.

Kuman penyebab cystitis infeksi saluran kemih adalah bakteri, jamur, virus, mikoplasma, adanya cacing dan chlamidia. Seringkali mikroorganisme penyebab pada penderita adalah Pseudomonas, E.Coli, Proteus, Staphylococcus aureus, Enterobacter, Klebsiella. Pada kebanyakan kasus klinis, bakteri patogennya adalah E.coli. Selain itu, mikroorganisme patologis diploid fungus yang dikenal dengan sebutan  C. Albicans memicu perkembangan candidiasis mukosa dan mengarah pada peradangan trichomonas.

Pemeriksaan khusus untuk membedakan diagnosis:

  • Identifikasi penyebab penyakit
  • Penentuan sensitivitas penyebab infeksi terhadap obat antmikroba. Kuman penyebab cystitis dihancurkan dan dinetralisis denganbantuan terapi obat-obatan.