header-faq

Ada pertanyaan? Kami punya jawabannya.

Ringkasan tentang infeksi saluran kemih (cystitis). Pertanyaan yang paling sering diajukan, serta jawaban guna memberi gambaran menyeluruh tentang masalah infeksi saluran kemih (cystitis).

Apa itu cystitis?

Cystitis merupakan infeksi kandung kemih yang pada dasarnya disebabkan oleh bakteri saluran cerna. Cystitis merupakan jenis infeksi saluran kemih paling umum yang mudah didiagnosis maupun disembuhkan, misalnya dengan antibiotik.

Bagaimana cara mengidentifikasi adanya peradangan pada saluran kemih?

Pertama, Anda mesti memerhatikan sejumlah gejala, seperti nyeri ketika pipis, frekuensi dan urgensi untuk pipis terus-menerus, warna urine yang gelap atau keruh, atau darah pada urine.

Jika Anda curiga tengah mengalami cystitis, perlukah menemui dokter?

Apabila Anda pernah mengidap cystitis sebelumnya, Anda berisiko mengalaminya kembali di kemudian hari. Namun, Anda akan lebih mahir dalam mengenali ciri-cirinya untuk diobati. Sedangkan jika ini merupakan kali pertama, gejala bisa saja rancu dengan  dengan kelelahan dan demam tinggi. Maka, Anda lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

Apa saja penyebab cystitis?

Cystitis adalah suatu infeksi (utamanya disebabkan oleh bakteri usus) yang juga timbul akibat masalah fungsi pada saluran kemih. Kandung kemih yang tidak dikosongkan dengan sempurna dapat memicu tergenangnya urine, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Apakah benar bahwa hubungan seksual yang aktif dapat mengakibatkan cystitis?

Perempuan yang aktif secara seksual jauh lebih rentan terhadap serangan cysttis. Meski demikian, tidak semua perempuan yang rutin berhubungan intim terkena cystitis, sehingga potensi infeksi ini nampaknya kembali lagi kepada faktor pembawa risiko yang ada pada setiap orang.

Apakah cystitis dapat pulih dengan sendirinya?

Pada banyak kasus, cystitis dapat hilang dalam jangka waktu beberapa hari sejak gejala pertama kali muncul. Akan tetapi bila ini tidak terjadi, atau gejala justru semakin parah, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Apa saja pengobatan untuk cystitis?

Ada banyak jenis pengobatan untuk cystitis, misalnya, pengobatan alami (seperti minum banyak air) dan konsumsi sejumlah suplemen makanan. Namun, terkadang Anda juga mesti mempertimbangkan penggunaan antibiotik yang mampu menyelesaikan masalah langsung di akarnya.

Benarkah bahwa sari buah myrtle mampu menyembuhkan cysitis?

Suplemen makanan berbahan dasar myrtle nampaknya memiliki efek tertentu dalam melawan cystitis, seperti yang telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian.

Dapatkah laki-laki terserang cystitis, dan bisakah disembuhkan dengan pengobatan yang sama seperti bagi perempuan?

Laki-laki dapat mengalami cystitis, meski risikonya tak sebesar perempuan. Diagnosis dan pengobatannya sama dengan bagi perempuan.

Bagaimana saya bisa mendeteksi diri saya sendiri terkana cystitis?

Apabila Anda mengalami gejala seperti sensasi terbakar ketika pipis, atau merasa ingin pipis terus menerus dan tidak kuat menahannya, serta urine berwarna keruh atau bahkan terdapat darah, dan demam tinggi, kemungkinan besar Anda tengah dilanda cystitis.

Jika sedang terkena cystitis, bisakah saya menggunakan tampon?

Anda bisa menggunakan tampon, tetapi ingat bahwa memasukkan tampon pada vagina secara tidak tepat (misalnya, tidak mengindahkan kebersihan) pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi vagina, yang mampu meningkatkan kecenderungan infeksi kandung kemih dan uretra.

Apa yang bisa saya lakukan saat berulang kali mengalami cystitis? Adakah pengobatan jangka panjangnya?

Bila Anda mengalami cystitis berulang, bisa jadi penyebabnya merupakan faktor bawaan lahir (misalnya, anatomi saluran kemih) atau faktor kebiasaan sehari-hari (seperti kebersihan yang kurang terjaga di area kelamin). Oleh karena itu, kemungkinan terkena cystitis di masa yang akan datang tidak selalu dapat dihindari.

Bisakah cystitis menyerang di tengah kehamilan?

Kehamilan sejatinya merupakan salah satu kondisi yang meningkatkan risiko serangan cystitis.