1431592972_Banner-About-Cystitis

Infeksi saluran kemih kondisi yang umum dialami perempuan

Infeksi saluran kemih (ISK) bagian atas dan bawah sangat umum di kalangan perempuan usia 18 sampai 35 tahun. Cystitis yakni infeki saluran kemih bagian bawah, meskipun lebih sering dialami oleh perempuan hamil, perempuan yang aktif berhubungan intiml, serta perempuan menopause, pada dasarnya bisa menerpa rentang usia mana saja. Sebanyak 15 persen perempuan mengidap infeksi saluran kemih/cystitis setap tahun, dan lebih dari setengah jumlah seluruh perempuan pernah terserang infeksi saluran kemih/cystitis setidaknya sekali dalam hidupnya. Anak-anak pun juga berisiko mengidapnya.

Infeksi saluran kemih/Cystitis lebih  umum menginfeksi perempuan dibanding laki-laki lantaran uretra perempuan yang lebih pendek. Panjang uretra perempuan hanya 5 sentimeter, sedangkan uretra laki-laki bisa mencapai 25 sentimeter dari kandung kemih hingga ujung penis. Walau demikian, infeksi saluran kemih/cystitis pada laki-laki juga mesti ditangani secepat mungkin, demi mencegah potensi infeksi kandung kemih, infeksi prostat, gangguan obtruksi tumor, atau pembesaran prostat.

Sebanyak 1 dari 4 perempuan dengan infeksi saluran kemih/cystitis akut diperkirakan akan mengalami infeksi saluran kemih/cystitis yang berulang. Setiap tahun, kira-kira 10 persen perempuan usia produktif berobat ke dokter dengan gejala infeksi saluran kemih/cystitis. Dua pertiga dari mereka mengidap kondisi bakteriuria (adanya bakteri dengan jumlah signifikan dalam urine),  terbatas pada kandung kemih sebanyak 50-70 persen, namun sebanyak 30-50 persennya berpotensi berkembang menjadi infeksi saluran kemih bagian atas. Oleh sebab itu, segera temui dokter bila Anda berulang kali mengalami infeksi saluran kemih/cystitis.

Dokter akan mengecek sampel urine Anda melalui urinalisis serta  kultur urin di laboratorium. Jika sampel membuktikan bahwa Anda positif mengidap cystitis, dokter akan memberi Anda resep  pengobatan efektif, khususnya terapi singkat, yang bertujuan untuk segera mengatasinya dan mencegah masalah serius di kemudian hari, seperti infeksi saluran kemih bagian atas. Antibiotik mampu menyembuhkan infeksi saluran kemih/cystitis dengan kemungkinan sebesar 85-95 persen. Apabila infeksi saluran kemih/cystitis tetap berulang, Anda mungkin akan diberi resep antibiotik cadangan untuk dikonsumsi ketika gejala kambuh, atau resep jangka panjang untuk dikonsumsi selama beberapa bulan untuk mencegah infeksi.