1431592972_Banner-About-Cystitis

Cystitis merupakan kondisi yang sangat umum, khususnya pada perempuan. Penyakit ini termasuk dalam kategori istilah medis Infeksi Saluran Kemih (ISK). Meski infeksi saluran kemih(ISK )mencakup letak serta dampak yang berbeda-beda, sebagian besar dipicu oleh adanya sejumlah bakteri di saluran kemih yang biasanya steril. Untuk mengungkap infeksi saluran kemih/cystitis lebih jauh, berikut penjelasan tentang infeksi saluran kemih terutama di bagian bawah.

Infeksi Saluran Kemih/ISK bagian bawah

Berdasarkan pedoman yang disepakati secara internasional, infeksi saluran kemih dapat digolongkan dalam berbagai cara. Secara sederhana, infeksi saluran kemihdikelompokkan sesuai tipe dan tingkat keparahan gejala, seperti pada tabel di bawah ini.

arrow
arrow

Karena hanya mempengaruhi saluran kemih bagian bawah, cystitis umumnya masuk dalam kategori infeksi saluran kemih sederhana. Namun, masalah yang lebih serius bisa timbul jika infeksi akibat bakteri penyebab cystitis menyebar hingga ginjal, seperti pada kasus pyelonephritis (infeksi  pada ginjal). Cystitis timbul ketika bakteri masuk ke uretra, lalu menjalar ke kandung kemih dan berkembang biak. Escherichia coli (E. coli) adalah bakteri yang diketahui paling banyak menyebabkan cystitis. Secara alami, E. coli ditemukan di usus, serta organ reproduksi dan perineum (area antara reproduksi dan bagian belakang tubuh/dubur) dalam jumlah sedikit.