1431592972_Banner-About-Cystitis

Dalam banyak kasus, infeksi saluran kemih/ISK (ISK; seringkali dikarenakan cystitis)  menimbulkan rasa tidak nyaman di saluran kemih, misalnya sensasi nyeri atau terbakar ketika pipis, beser (anyang-anyangan), rasa selalu ingin pipis, dan sebagainya. Jika tak segera ditangani, ISK bisa berkembang menjadi infeksi ginjal yang serius dan mengancam jiwa. Infeksi bahkan bisa  menyebar ke aliran darah (sepsis) dan bagian tubuh lainnya  hingga berujung komplikasi. Pada orang dewasa, infeksi saluran kemih/cystitis yang kambuh berulang kali berisiko menyebabkan kerusakan ginjal, hipertensi ginjal, dan akhirnya gagal ginjal. Namun mereka yang mengalami kerusakan ginjal umumnya juga menderita penyakit pemicu lainnya atau anatomi yang abnormal.

Kebanyakan infeksi saluran kemih/cystitis umumnya disebabkan oleh naiknya bakteri infeksi, yaitu ketika bakteri dari bagian belakang tubuh/dubur pindah ke organ reproduksi dan uretra, lalu masuk ke dalam uretra dan sampai di kandung kemih. Bakteri kemudian bisa menempel di mukosa kandung kemih hingga menyebabkan infeksi. Artinya, semakin dekat infeksi dengan ginjal, semakin besar pula potensi terjadinya infeksi saluran kemih bagian atas.

 

Pentingnya pengobatan cystitis dengan tepat

Komplikasi akibat infeksi saluran kemih/cystitis bisa berupa:

  1. Infeksi ginjal.

Infeksi ginjal akibat infeksi saluran kemih/cystitis yang tidak diobati berkembang ke infeksi ginjal atau disebut dengan pyelonephritis. Infeksi ginjal bisa merusak ginjal secara permanen dan merusak kesehatan Anda kemudian. Untuk memulihkan kondisi ini diperlukan pengobatan dengan antibiotik selama 10 – 14 hari. Sejumlah pasien bahkan harus dirawat dan mendapat asupan antibiotik injeksi (intravena). Adalah anak-anak dan manula yang berisiko paling besar terhadap kerusakan ginjal karena infeksi kandung kemih, sebab seringkali gejalanya diabaikan atau salah diartikan akibat penyakit lain.

  1. Darah pada urine (hematuria)

Apabila Anda mengalami cystitis, mungkin ada sel darah pada urine Anda yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop (hematuria mikroskopis). Kondisi ini dapat disembuhkan dengan obat. Jika gejala tetap berlangsung setelah pengobatan, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter spesialis untuk

mengetahui sebabnya.

Gejala infeksi pada ginjal:

  1. Rasa dingin dan menggigil
  2. Keringat berlebih saat malam
  3. Mual dan muntah
  4. Rasa letih dan tidak enak badan
  5. Nyeri pada punggung, pinggang, atau pangkal paha
  6. Rasa panas dan kemerahan disertai demam dengan suhu di atas 38,5 derajat Celcius

 

Infeksi saluran kemih/cystitis tidak akan mengundang komplikasi serius bila ditangani dengan cepat dan sesuai. Maka, jangan pernah remehkan infeksi saluran kemih/cystitis yang kambuh berkali-kali. Sampaikan pada dokter keluhan yang Anda alami dan obati dengan segera.